Kamis, 17 Februari 2011

pelacakan rudal scud bukan hal yang mudah

DAMASKUS (Berita SuaraMedia)  - Dengan Syiria yang menghadapi tuduhan bahwa mereka mungkin memberikan Hizbullah rudal SCUD, para ahli mengatakan melacak senjata itu bukanlah tugas yang mudah – yang mana pasukan AS dan Inggris ketahui dalam perang Teluk pertama.
Penyelundupan rudal dan peluncur roket ke Libanon tanpa terlihat badan-badan intelijen AS itu mungkin dilakukan, tapi sulit," kata seorang pejabat pertahanan AS, yang berbicara dengan syarat anonim.
Rudal dan peluncur bisa dibuat terpisah untuk menghindari deteksi, kata analis.
"Yang harus Anda lakukan adalah memisahkan ekor dari rudal, sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mudah Dan kemudian pindahkan ke beberapa kendaraan lain," Kata Anthony Cordesman dari Center for Strategic and International Studies, sebuah think tank Washington.
Israel menuduh Syiria mempersenjatai Hizbullah dengan rudal balistik, tuduhan yang dibantah keras Damaskus. Sementara itu pejabat AS mengatakan bahwa mereka tidak dapat memastikan apakah senjata telah diserahkan kepada gerakan Syiah Libanon.
Dalam Perang Teluk 1990-1991, pesawat sekutu bersama dengan pasukan khusus  Amerika Serikat dan Inggris berjuang untuk melacak dan mengambil Scud mobile Saddam Hussein, yang tersembunyi di selokan dan gorong dan bergeser dari pandangan segera setelah setiap peluncuran.
"Kami melakukan ribuan misi untuk mencoba menghancurkan Scud Saddam yang menembaki Israel dan Arab Saudi. Setelah perang, kami menemukan bahwa kami telah melewatkan setiap waktu," kata Bruce Riedel, seorang mantan agen CIA.
Sensor dan teknologi militer lainnya telah membaik sejak itu, dan Libanon menawarkan area yang lebih kecil daripada Irak untuk memantau.
Begitu masuk Libanon, rudal dan peluncur dapat dipasang kembali dan tersembunyi hingga Hizbullah siap untuk menggunakannya.
"Rudal-rudal itu paling rentan ketika mereka sedang mempersiapkan diri untuk memulai. Namun tetap akan sulit untuk menghancurkan setiap peluncur sebelum mereka ditembakan," katanya.
Rudal jenis SCUD-, awalnya dirancang dan diproduksi oleh Uni Soviet, biasanya sekitar 11 meter (meter) panjang dan memiliki jangkauan sekitar 300 kilometer (186 mil), meskipun beberapa versi bisa menyerang lebih 500 kilometer.
"Itu tidak secara dramatis mengubah persamaan tapi itu berarti Hizbullah dapat menembak  pada setiap sasaran di Israel," kata Cordesman.
Apakah Scuds telah diserahkan atau tidak, administrasi Obama yakin bahwa Syiria meningkatkan dukungan militer kepada Hizbullah, kata pejabat Amerika.
"Kemungkinan pengiriman Scuds kecil tetapi ada kekhawatiran yang lebih besar tentang persenjataan canggih," kata seorang pejabat AS, yang meminta tidak disebutkan namanya, kepada wartawan.
"Kerjasama antara Syiria dan Hizbullah ini terus bertambah."
Masih belum jelas mengapa tuduhan terhadap Syiria diangkat oleh presiden Israel, Shimon Peres, dan bukan oleh pejabat militer atau intelijen yang tuduhannya biasanya hadir bersama dengan rincian lebih lanjut, kata analis.
Beberapa anggota parlemen dalam Kongres AS telah menggunakan tuduhan itu untuk mendebat upaya Washington untuk mempromosikan dialog dengan Syiria.
Presiden Barack Obama pada bulan Februari mengangkat Robert Ford sebagai duta besar pertama AS untuk Damaskus dalam lima tahun, meskipun Senat belum mengkonfirmasinya.
Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan pada hari Kamis di Estonia bahwa "pada hari ini" Amerika Serikat berusaha mengejar hubungan yang lebih dalam dengan Syiria, menyatakan kebijakan Obama bisa berubah jika Damaskus diketahui mengirim rudal.
Hizbullah, kelompok perlawanan awalnya dibentuk untuk melawan pendudukan Israel di Libanon selatan, telah memaksa keluar militer Israel dari Libanon pada 2000.
Dan pada musim panas tahun 2006 Israel mengobarkan perang 34-hari di Libanon dan pertempuran merenggut nyawa lebih dari 1.200 orang di Libanon, sebagian besar warga sipil, dan lebih dari 160 warga Israel, sebagian besar dari mereka adalah tentara .
Tetapi perdana menteri Israel berusaha untuk tidak membesarkan kemungkinan konflik dengan Syiria dan Libanon.
"Kami tidak ingin perang Tapi senjata telah dialihkan kepada Hizbullah di perbatasan antara Syiria dan Libanon., Dan ini tidak bisa diterima," katanya.
Namun, penerbangan Israel atas Libanon terjadi pada hampir setiap hari dan melanggar resolusi PBB Dewan Keamanan 1710 yang mengakhiri perang pada bulan Agustus 2006.
Selain itu, Israel terus menduduki Shabaa Farms Libanon . (iw/meol) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar